Rabu, 31 Oktober 2012

Microsoft Word


Microsoft Word


Microsoft Word adalah system perangkat lunak pengolah kata yang di gunakan untuk membuat dokumen,skripsi,dan data-data.Cara 1 Menjalankan Ms.Word adalah :Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Wordmaka tampilan berubah menjadi seperti ini 
Cara 2 Menjalankan Ms.Word :klik 2 kali shortcut ms.word pada tampilan dekstopCara 3 Menjalankan Ms.Word :Klik kanan pada shortcut ms.word lalu klik openCara 4 Menjalankan Ms.Word Melalui RUN :Klik start menu => klik program => klik accesories => klik RUN
pada baris open ketik ms.windows (windows+winword)


Pada bagian Baris Judul, kita dapat melihat nama file yang sedang kita buka.Menu Di dalam menu, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.
Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya dengan memencet/klik pada tombol-tombol tersebut.


Membuat Dokumen Baru

Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
2. Double Click pada Blank Document
3. Documen siap digunakan

Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar 



 Membuat Dokumen Baru
Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
2. Double Click pada Blank Document
3. Documen siap digunakan

Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar 

Kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl + NMembuka file yang sudah tersimpan

1. Klik menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog open
2. Pilih file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
3. klik pada nama file
4. klik tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word

Atau kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open 

Dan kita juga bisa menggunakan Ctrl + O 




Menyimpan Dokumen

Segera setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.

1. Pada jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save
2. Pada layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save

Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar

Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S
Menutup File Dokumen 
1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close. Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu



  Mengakhiri/Menutup jendela Microsoft Word 
Sebelum mengakhiri Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Exit. Maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Selain dengan menggunakan menu File, untuk menutup jendela Microsoft Word kita juga bisa mengklik tombol X yang terletak pada pokok kanan atas jendela Microsoft Word.




KEYBOARD SHORCUT

Kombinasi Shorchut yang sering digunkakan pada keyboard.Seperti Beberapa Contoh Diantaranya;
CTRL +W :Menutup dokumen
CTRL + S : Menyimpan dokumen
CTRL + N :Membuat sebuah dokumen baru
CTRL + O :Membuat dokumen
CTRL + B :Membuat Cetak Tebal
CTRL + I :Membuat hurif miring
CTRL + U :Membuat huruf bergaris bawah
CTRL + V :Menempelkan teks atau objek
CTRL + Z :Membatalkan ajsi sebelumnya
CTRL + f :M encari teks dan item-item khusus
CTRL + H :Mengganti teks,format spesifik,dan item khusus
CTRL + A :Menuju ke Page,Bookmart,Footnote,Tabel,Comment,Grafhic,atau lokasi lain.
CTRL + C :Mengurangi ukuran font per I point.
CTRL + D :Mengubah format karakter ( perintah pont,menu format )
CTRL + J :Menambah ukuran font per I point.
CTRL +C :Menyalin teks atau objek terpilih
ShIft + f3 : Mengubah besar kecilnya huruf
ALT +CTRL+HOME:Melakukan penelusuran melalui sebuah dkumen
ALT +CTRL+P :Mengubah ke print Layout View
ALT +CTRL+Y:Mengulangi pecarian (setelah menutup jendela
ALT +CTRL+C:Mengembalikan dokumen setelah dI pecah
ALT +CTRL+O:Mengubah Outline View
ALT +CTRL+N:Mengubah normal View
ALT +CTRL+S :Memecah jendela dokumen
CTRL+Shift+> :Memperbesar huruf
CTRL+Shift+< :Mengurangi ukuran huruf CTRL+Shift+f :Mengubah font 
CTRL+Shift+C :Mengubah ukuran font CTRL+Shift+A :Mempormat huruf menjadi besar semua (Capital) CTRL+DELETE :Menghapus ke kanan satu kata CTRL+BACKSPACE:Menghapus satu kata ke kiri BACKSPACE: ALT +Shift+C :Mengembalikan dokumen setelah dipecah 

MEMBUAT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Memulai Pembuatan Naskah

  • Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
  • Aturlah Margin lembar kerja
  • Ketiklah naskah yang diinginkan

B. Setting / Mengatur Halaman Microsoft Word 

1. Klik Page Layout
a. Klik Tab Margin
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin dan tentukan:
* Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
* Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
* Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
* Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
* Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
* Gutter Position : Letak gutter.
* Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
* Preview : Tampilan layar Word.
2. Paper Size
a. Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
b. Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.

C. Tata Cara Penulisan Microsoft Word 2007

  • Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
  • Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
  • Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
  • Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
  • Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
  • Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
  • Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
  • Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
  • Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
  • Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.
D. Pengaturan Perataan Teks Microsoft Word
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan

MENGEDIT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Membuat Block Pada Teks

  • Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( –> ) ke awal kata / kalimat.
Atau bisa menggunakan Mouse
  • Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
  • Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen.

B. Mengcopy Kata / KalimatBlock kata / kalimat yang akan di-copy

  • Klik icon Copy atau dengan tombol Ctrl + C
  • Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
  • Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V

C. Memindahkan Kata / Kalimat

Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
  • Klik klik icon Cut atau dengan tombol Ctrl + X
  • Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
  • Klik icon paste atau dengan tombol Ctrl +V

D. Membatalkan Perintah

Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
E. Change Case
1. Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
2. Klik menu Home – Change Case
  • Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
  • lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
  • UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
  • Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
  • tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil

F. Find, Replace, and Go To

1. Find (Mencari)
  • Klik icon Find atau tekan tombol Ctrl + F
  • Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
  • Klik Find Next untuk mencari
  • Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace
2. Replace (Mengganti)
  • Klik icon Replace atau tekan tombol Ctrl + H
  • Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
  • Ketik kata pengganti di kotak Replace With
  • Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja)
  • Tutup jendela tampilan Find and Replace
3. Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)
  • Klik icon Go To atau tekan tombol Ctrl + G
  • Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
  • Lalu klik Next



PEMFORMATAN NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Mengatur Paragraf dan Spasi

  • Klik icon Paragraph
  • Klik Indent and Spacing
  • Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
  • Klik Ok.
Atau dengan cara lain :
- Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
- Tekan tombol kombinasi:
o Untuk 1 spasi tekan Ctrl + 1 (Single)
o Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + 5 (1,5 lines)
o Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2 (Double)

B. Bullets and Numbering  

1. Bullets
  • Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
  • Klik tab Home klik icon bullet
  • Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
  • Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
  • Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
  • Klik OK
2. Numbered
  • Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
  • Klik tab Home klik icon numbered
  • Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
  • Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
  • Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
  • Klik OK

C. Borders and Shading 

1. Membuat Border
Dari tab Page Layout klik ikon page borders
Page Border : Membuat garis bingkai halaman.
* Setting : Memilih bentuk bingkai halaman.
* Style : Memilih bentuk garis bingkai halaman.
* Color : Memilih warna garis bingkai halaman.
* Width : Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
* Art : Memilih jenis bingkai halaman.
*Options : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
Klik OK
2. Membuat Columns
Klik tab Page Layout
* Klik icon Columns
* Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
* Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.
- Number of columns : Menentukan jumlah kolom.
- Width : Menentukan lebar kolom
- Preview : Melihat tampilan sementara
* Klik OK
3. Membuat Drop Cap
* Klik tab insert
* Klik di Icon Drop Cap
* Pilih Dropped atau In Margin
* Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options
* Tentukan pengaturannya :
- Position : Pilih letak teks yang diinginkan.
- Font : Pilih jenis huruf.
- Lines to drop : Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
- Distance from text : Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
* Klik OK

D. Menyisipkan Nomor Halaman Ms. Word 2007 

Untuk dapat menyisipkan nomor di setiap lembar atau halaman pada microsoft word 2007, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
  • Klik tab Insert
  • Klik icon Page Number
  • Klik tanda panah kebawah dan tentukan posisi number
  • Jika tidak ada yang sesuai, klik di Format Page Number
Format : Memodifikasikan format nomor halaman.
* Number format : Memilih format nomor halaman.
* Page numbering : Mengatur urutan nomor halaman.
- Continue from previous section : Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.
- Start At : Pengaturan nomor halaman awal

E. Membuat Header dan Footer Ms. Word 2007Klik di icon Header atau Footer

  • Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header
  • Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
  • Klik Close

F. Menyisipkan Teks Word Art Pada Ms. Word 2007Klik di icon WrdArt

  • Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
  • Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
* Font : Memilih jenis huruf.
* Size : Memilih ukuran huruf.
* B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal.
* I (Italic) : teks WordArt cetak miring
Klik OKG. Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word 2007 
  • Klik icon ClipArt
  • Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
  • Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
  • Klik perintah Paste
  • Memasukkan gambar dari File
  • Klik Icon Picture
  • Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert

MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Membuat Tabel Word

=> Klik tab Insert Klik icon Table
=> Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.
Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
o Table size : Ukuran table.
* Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
* Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
=> OK


B. Fasilitas Pengolahan Tabel

Dari Menu Tab pilih :
  • Draw Table : Menggambar kotak tabel.
  • Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
  • Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
  • Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
  • Merge Cells : Menggabungkan sel.
  • Split Cells : Membagi sel.
  • Split Table : Membagi tabel.
  • Table AutoFormat : Memilih format tabel.
  • Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
  • Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
  • Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
  • Sort : Mengurutkan data tabel.
  • Formula : Operasi perhitungan data tabel.
  • Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
  • Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel

C. Cara Menggunakan Formula Pada Microsoft Word 2007

Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
  • Klik tab Layout
  • Klik di icon Formula
  • Isikan kotak Formula dengan
Keterangan :
o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
  • Klik OK

Sabtu, 13 Oktober 2012

KKPI


Menjalankan Sistem Operasi


Taskbar
        -  Terdapat dibagian bawah ruang kerja desktop Sistem Operasi.
         - Untuk menjalankan aplikasi.
         - Mengalihkan antar program aplikasi yang aktif

Sistem Operasi Windows dan perintah Pada Menu
Icon Pada Desktop windows
1.       Gambar komputer (My Computer) : untuk menampilkan seluruh driver, folder dan file yang ada pada komputer.
2.       Recycle Bin : Digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus, sampai file tersebut benar – benar dihapus secara permanen.
3.       My Documen : Pada Umumnya berfungsi untuk melihat dan menyimpan data yang digunakan sehari – hari.
4.       Internet Explorer :sebagai browser standar windows yang digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi dari suatu stus/web.
5.       My Network Places : Berfungsi untuk melihat dan menampilkan seluruh komputer yang terhubung dengan sistem jaringan.
Tombol Perintah Standar OS Windows
1.       Tombol Ctrl + Esc : untuk memunculkan star menu.
2.       Tombol  + E     : Mengaktifkan My Computer / Windows Explorer.
3.       Tombol  + D     : Meminimalkan jendela aplikasi.
4.       Tombol  + F     : Mengaktifkan modus pencarian.
5.       Alt + F4 : Mentup aplikasi dan shutdown computer.
6.       Alt + Tab : Berpindah Jendela.

Mengolah Jendela Aplikasi
1.       Baris Menu Bar, seperti File, Edit, View, Faforite , Tool, Help.
2.       Tool Bar (dibawah menubar ada icon – icon yang seperti Back, Search, Foldres)
3.       Addres Bar (Baris Alamat).
4.       Tombol ukuran :
-           Close             : Mengakhiri aplikasi
-           Minimaze       : Memperkecil jendela
-           Restore          : Mengembalikan jendela ke ukuran yang sebelumnya/ukuran semula.
-           Maximaze      : Memperbesar ukuran jendela ke ukuran layar penuh.
Mengelola Folder dan File.
Mengaktifkan jendela windows explorer :
Star –> Program –> Accesories –> Windows Explorer.

Mengubah Tampilan Isi Folder.
View(Pada Toolbar) –> Pilih sesuai selera

Macam – macam tampilan folder :
-          Thumbnails    = Menampilkan file gambar dan data dalam bentuk gambar kecil – kecil(Preview).
-          Tiles              = Menampilkan nama folder dengan data dan drive dalam bentuk icon (Nama File, Folder data Dan drive diletakan disampingnya/berjajar 3 kolom).
-          Icon              = Menampilkan nama folder, data dan drive dalam bentuk Icon(nama folder, data dan drivediletakan dibawahnya).
-          List               = Menampilkan nama folder, data, dan untuk berdasarkan nama dan urutannya.
-          Detail            = Menampilkan nama folder, data dan drive berdasarkan informasi secara lengkap.
Mengubah Urutan Tampilan Folder
View –> Arrange Icons By –> Pilih sesuai selera
Macam – macam Urtan tampilan folder :
-          Name          : Urut Abjad
-          Size             : Besar Ukuran File
-          Type           : Jenis / Type File
-          Modified     : Tanggal Pembuatan
Membuat Folder.
File –> New –> Folder

Menghapus Folder.
Klik tujuan –> File –> Delete –> Yes(dalam kotak dialog konfirmasi)

Mengubah Atribut File dan Folder (Hidden & Read Only).
Klik folder tujuan –> klik kanan mouse –> Properties –> beri tanda check pada kotak Read Only atau Hidden –> Klik Apply –> Kilik OK

Mengunakan Panel Kendali (Control Panel).
Start –> Setting –> Control Panel

Cara-cara Menginstalkan Sistem Operasi berbasis grafis (Windows xp)

    Saya disini akan berbagi ilmu tentang cara menginstalkan sistem operasi berbasis grafis . Berhubung saya hanya pernah menginstalkan windows xp saja , saya akan mempostkan tutorial tersebut .
   
    Pada umumnya komputer hanya berbasis DOS , rata-rata semua orang ingin menggunakan sistem operasi berbasis grafis karena sistem operasi ini sangat mudah dan lebih banyak kelebihannya dari pada DOS .

Contoh Sistem operasi berbasis grafis :
- Windows ( Windows 1999,2000,Me, Xp, Vista, 7 ,& 8)
- Mac
- Linux

 Inilah Tutorial menginstalkan windows Xp :


1. Siapkan CD Master Microsoft Windows XP.


Dalam pembelian CD Windows XP ada dua jenis, versi tray dan versi box, untuk versi tray hanya berbentuk cd dan buku manual , sedangkan untuk versi box ada boxnya dan mungkin lebih lengkap dari versi tray.
Masuklah ke menu BIOS untuk mencari fasilitas boot pertama kali lewat CD/DVD ROM. Tekan tombol DEL /ESC/F1 berulang-ulang kali saat komputer di hidupkan.
.


Sebagai contoh ini adalah Award BIOS / boot menu, pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD, jika sudah simpan perubahan tersebut dengan menekan F10, setelah itu simpan setting tersebut dan keluar.
Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows ( selanjutnya disebut saja dengan Windows ). Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows.





1. CD Windows XP akan dibaca, dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya, itu adalah indikasi bawah Windows sedang meload file-file tertentu untuk proses instalasi , anda tinggal menunggunya beberapa menit .





2. Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan “Welcome Setup“ berikut







Ada 3 pilihan.
a. To set up Windows XP now, press ENTER
Maksudnya kita kita memulai melakukan instalasi Windows, maka cukup menekan tombol ENTER
b. To repair a Windows X installation using Recovery Console, press R
Maksudnya bahwa untuk recovery Windows jika terjadi masalah sistem tetapi ini jika kita sudah menginstall Windows terlebih dahulu
c. To quit Setup without installaion Windows XP, press F3
Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi Windows.
3. Jika kita menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan untuk tunduk pada Licensing Agreement, dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8, jika tidak dijawab atau di tolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi, jika anda setuju terhadap persyaratan tersebut maka anda akan masuk tahap berikutnya.





 4. Jika anda setuju sekarang saatnya masuk ke proses pemilihan partisi hardisk, seandainya hardisk tersebut masuk baru maka akan ada tampilan seperti ini



Maksudnya proses instalasi membaca adanya satu hardisk yang besarnya 19093 M atau 20 GB, jika anda dah yakin sesuai keberadaan hardisk tersebut tekan enter saja, untuk melakukan proses formating hardisk, format hardisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan hardisk.

5. Proses formating hardisk





Anda bisa memilih tipe partisi, bisa FAT atau NTFS. Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan enter, maka instalasi akan meneruskan ke tahap selanjutnya.






6. Proses selanjutnya akan secara otomatis meload file-file windows untuk dicopy ke dalam hardisk.



Jika selesai tercopy saatnya booting ulang, alias restart dengan sendirinya.
Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows







7. Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukan parameter yang diminta dalam proses instalasi. Regional and Language Options, adalah memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan, untuk bahasa Indonesia saat ini belum ada, kecuali dalam Windows XP Starter Edition.

 8. Tahap selanjutnya adalah memasukan nama dan perusahaan anda.


9. Memasukan 25 key yang ada di box atau cd

10. Proses selanjutnya memasukan password sistem, password di sini bukan password saat kita masuk ke Windows, tetapi password yang akan digunakan jika kita hendak mereparasi windows atau masuk safe mode





11. Memasukan setting jam dan tanggal serta Time Zone




12. Setting network bisa anda abaikan dengan tekan typical saja

 Sampai tahap ini kita akan menunggu sampai Windows selesai melakukan instalasi, jika proses selesai Windows akan melakukan restart atau booting ulang. Setelah booting ulang maka Windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup, setting terakhir dan Windows akan mulai bisa digunakan secara default.






Ucapan Welcome to Microsoft Windows jika berhasil akan muncul seperti gambar di atas, kita memasukan nama pengguna dengan menekan tombol di sebelah kanan bawah.
Langkah selanjutnya bisa anda teruskan sendiri.











Selesai dengan keluarnya tampilan desktop Windows XP